SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...
SINDIKAT PENULIS

Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  Login  
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 Dasar-dasar Penulisan Novel

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Irhadzuka
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 7
Points : 9
Reputation : 0
Join date : 12.01.13
Age : 27
Lokasi : malang

PostSubyek: Dasar-dasar Penulisan Novel   Fri 25 Jan 2013 - 7:43

kalau boleh jujur, saya ini udah tua, tp baru sadar, nulis ternyata seru.
evil
untuk para suhu, tolong dong, refrensi sapa yang kiranya cocok bagi pemula yg baru nemuin hobi barunya ini.
mulai dari istilah-istilah, tanda-tanda, dan semuanya deh yang bersangkutan dg literatur kepenulisannya.
nunggu

Oh ya, kalau topik ini ternyata repost, diapus jg ndak apa, tp ksh tau sy alamat topik yg lama... MaturThankyuu
Kembali Ke Atas Go down
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 22
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 26 Jan 2013 - 16:35

:panggil mbah admin:
Kembali Ke Atas Go down
Irhadzuka
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 7
Points : 9
Reputation : 0
Join date : 12.01.13
Age : 27
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 2 Feb 2013 - 22:07

tunggu ditunggu bounce
lihat dilihat Rolling Eyes
forum ini kok sepi ya! Suspect
apa cuma perasaan saja? confused
Kembali Ke Atas Go down
cagashabrina
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 9
Points : 13
Reputation : 0
Join date : 03.02.13
Age : 23
Lokasi : Bogor

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sun 3 Feb 2013 - 21:06

salam kenal, kakak! saya juga pendatang baru nih
umur udah segini tapi baru tertarik dgn tulis-menulis~
dan pastinya ga bisa ngasih tips tulis-menulis XD

mau menyimak dan mempelajari, tapi forumnya rada sepi ya ternyata.. jongkok
Kembali Ke Atas Go down
Admin
Admin


Jumlah posting : 107
Points : 138
Reputation : 5
Join date : 10.11.09
Age : 34
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Tue 5 Feb 2013 - 9:11

Sebagai permulaan, bisa berkunjung ke sini: http://sindikatpenulis.forumotion.com/t352-menyelesaikan-novelmu-dalam-empat-tahapan-sederhana-bagian-1

Iya, forum ini sedang sepi. Moderatornya sedang sibuk membuat sosmed untuk sindikatpenulis.com
Kembali Ke Atas Go down
http://sindikatpenulis.blogspot.com
Irhadzuka
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 7
Points : 9
Reputation : 0
Join date : 12.01.13
Age : 27
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Mon 11 Feb 2013 - 8:46

MAKASIH bang admin... hope langsung ke TKP... berlayar
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Mon 11 Feb 2013 - 12:05

holaaa....
selamat datang....

apalagi ya? bikin novel ya? confused
aku masih berkutat pada draft-draft yang belum pernah selesai.. kkkk~

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Mon 11 Feb 2013 - 14:10

Kalau untuk masalah sudut pandang:
http://sindikatpenulis.forumotion.com/t172-tips-menulis-fiksi-point-of-view-sudut-pandang

Unsur-unsur yang wajib diperhatikan:
http://sindikatpenulis.forumotion.com/t357-lima-unsur-dalam-fiksi-yang-mesti-kita-tahu

Untuk yang bingung tokoh udah 'kuat' atau masih 'lemah' silahkan wawancara tokoh dengan:
http://sindikatpenulis.forumotion.com/t366-100-pertanyaan-untuk-mewawancarai-karakter-fiksi-kamu

Untuk cara menulisnya ada di sini:
http://sindikatpenulis.forumotion.com/f6-editing
Lebih dianjurkan menggunakan buku EYD saja kabur

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
Admin
Admin


Jumlah posting : 107
Points : 138
Reputation : 5
Join date : 10.11.09
Age : 34
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Mon 11 Feb 2013 - 14:20

Top

Mantap, Rui!
Kembali Ke Atas Go down
http://sindikatpenulis.blogspot.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Mon 11 Feb 2013 - 14:28

Kebetulan masih inget tumpukan panduan di sana .-.

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
Irhadzuka
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 7
Points : 9
Reputation : 0
Join date : 12.01.13
Age : 27
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Tue 19 Feb 2013 - 12:17

karena kesibukan, read jd gk sempet mampir ke SP. sekalinya mampir, udah ada yg borong link dari obrolan lama...

makasih...
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Tue 19 Feb 2013 - 23:17

sama2, ambil aja kembaliannya...
Razz Razz Razz
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 23 Feb 2013 - 10:52

Kamu jualan apa Sagi?

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 23 Feb 2013 - 11:30

dia bilang makasih, rui..
aku ga suka jawaban, "kembali" lebih keren kalau, "ambil aja kembaliannya, kan?"
berasa aku banyak uang gitu deh~
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 23 Feb 2013 - 16:40

ada orang aneh...
tunjuk sagi
malu-malu

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 23 Feb 2013 - 18:41

orang aneh yg nunjuk orang lain aneh..
#tunjuk vera
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 23 Feb 2013 - 18:42

ngupil

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
Irhadzuka
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 7
Points : 9
Reputation : 0
Join date : 12.01.13
Age : 27
Lokasi : malang

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Wed 27 Feb 2013 - 5:27

kenapa jd saling tunjuk?
nonono
damai ya... hope
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Wed 27 Feb 2013 - 8:46

mana uang damainya?
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Fri 1 Mar 2013 - 10:28

narsis
ini uang damainya

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Fri 1 Mar 2013 - 22:47

uang, ver...bukan permen!
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 2 Mar 2013 - 10:03

iya itu uang, narsis

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
ivanlofty
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 11
Points : 15
Reputation : 0
Join date : 15.04.13
Age : 28
Lokasi : surabaya

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Sat 27 Apr 2013 - 7:58

wah kakak berdua nih lucu nan unyu2 yah hahahaa..

ambil di rekening masing2 klo g mau ambil uang damai ke rekening kirim aja ke rekening aku siapp nampung kapanpun dan dimana pun

joget
Kembali Ke Atas Go down
http://ivanlofty.blog.com/
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Thu 2 May 2013 - 20:14

kalo mau ngirim ke kami, boleh..

tapi, mau ngambil dari kami??
Kembali Ke Atas Go down
hyda
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 260
Points : 278
Reputation : 0
Join date : 04.07.12
Age : 23
Lokasi : Lombok

PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Thu 12 Sep 2013 - 18:24

hai Irhadzuka.., aduuhh aku telat banget ya datangnya wkwkw, salam kenal ya.. dapat ide 
Sagy@ lagi jualan sayur haha kikik 
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Dasar-dasar Penulisan Novel   Today at 23:34

Kembali Ke Atas Go down
 
Dasar-dasar Penulisan Novel
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» YoYo
» Penyebab Utama Kematian!
» WTS SOLAR Industri dan jasa pengiriman / angkut dari pertamina ke pabrik seluruh Indonesia
» sharing di sini yok bro,bahan-bahan/ material pembuatan knalpot..
» (WTA)yang sudah cat velg warna gold

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Novel-
Navigasi: