SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Mon 5 Sep 2011 - 12:27

maaf y baru bisa sharing dari tulisan orang, soalny belum berpengalaman juga dalam penulisan sejarah. Mudah2an bermanfaat buat yg mau nulis hal2 yg berkaitan dengan sejarah... Aha

TAHAPAN PELAKSANAAN PENELITIAN SEJARAH

A.TAHAPAN PENELITIAN SEJARAH

Pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik penelitian dengan tujuan agar dalam melakaukan pencarian sumber-sumber sejarah dpat terarah dan tepat sasaran.Pemilihan topik penelitian dapatdidasarakan pada unsur-unsur berikut ini:

1.Bernilai
Peristiwa sejarah yang diungkap tersebut harus bersifat unik, kekal, abadi.

2.Keaslian (Orisinalitas)
Peristiwa sejarah yang diungkap hendaknya berupa upaya pembuktian baru atau ada pandangan baru akibat munculnya teori dan metode baru

3.Praktis dan Efesien
Peristiwa sejarah yang diungkap terjangkau dalam mencari sumbernya dan mempunyai hubungan yang erat dengan peristiwa itu.

4.Kesatuan
Unsur-unsur yang dijadikan bahan penelitian itu mempunyai satu kesatuan ide.


B.LANGKAH-LANGKAH DALAM PENELITIAN SEJARAH

Setelah menentukan topik penelitian selanjutnya meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

1.HEURISTIK (Pengumpulan Data)

Heuristik merupakan langkah awal dalam penelitian sejarah untuk berburu dan mengumpulkan berbagi sumber data yang terkait dengan masalah yang sedeang diteliti.misalnya dengan melacak sumber sejarah tersebut dengan meneliti berbagai dokumen, mengunjungi situs sejarah, mewawancarai para saksi sejarah.

2.KRITIK (VERIFIKASI)

Kritik merupakan kemampuan menilai sumber-sumber sejarah yang telah dicari (ditemukan). Kritik sumber sejarah meliputi kritik ekstern dan kritik intern.

a.Kritik Ekstern

kritik ekstern di dalam penelitian ilmu sejarah umumnya menyangkut keaslan atau keautentikan bahan yang digunakan dalam pembuatan sumber sejarah, seperti prasasti, dokumen, dan naskah.Bentuk penelitian yang dapat dilakukan sejarawan, misalnyatentang waktu pembuatan dokumen itu (hari dan tanggal) atau penelitian tentang bahan (materi) pembuatan dokumen itu sndiri.Sejarawan dapat juga melakukan kritik ekstern dengan menyelidiki tinta untuk penulisan dokumen guna menemukan usia dokumen. Sejarawan dapat pula melakukan kritik ekstern dengan mengidentifikasikan tulisan tangan, tanda tangan, materai, atau jenis hurufnya.

b.Kritik Intern

Kritik Intern merupakan penilaian keakuratan atau keautentikan terhadap materi sumber sejarah itu sendiri. Di dalam proses analisis terhadap suatu dokumen, sejarawan harus selalu memikirkan unsur-unsur yang relevan di dalam dokumen itu sendiri secara menyeluruh. Unsur dalam dokumen dianggap relevan apabila unsur tersebut paling dekat dengan apa yang telah terjadi, sejauh dapat diketahui berdasarkan suatu penyelidikan kritis terhadap sumber-sumber terbaik yang ada.


3.INTERPRETASI (penafsiran)

Interfretasi adalah menafsirkan fakata sejarah dan merangkai fakta tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal. Dari berbagi fakta yang ada kemudian perlu disusun agar mempunyai bentuk dan struktur. Fakta yang ada ditafsirkan sehingga ditemukan struktur logisnya berdasarkan fakta yang ada, untuk menghindari suatu penafsiran yang semena-mena akibat pemikiran yang sempit. Bagi sejarawan akademis, interfretasi yang bersifat deskriptif sajabelum cukup. Dalam perkembangan terakhir, sejarawan masih dituntut untuk mencari landasan penafsiran yang digunkan.


4.HISTORIOGRAFY (Penulisan Sejarah)

Historiogray adalah oses penyusunan fakta-fakta sejarah dan berbagai sumber yang telah diseleksi dalam sebuah bentuk penulisan sejarah. Setelah melakukan penafsiran terhadap data-data yang ada, sejarawan harus sadar bahwa tulisan itu bukan hanya sekedar untuk kepentingan dirinya, tetapi juga untuk dibavca orang lain. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan struktur dan gaya bahasa penulisan nya. Sejarawan harus menyadari dan berusaha agar orang lain dapat mengerti pokok-pokok pemikiran yang diajukan.


PRINSIP-PRINSIP DASAR DALAM PENELITIAN SEJARAH LISAN.

Metode sejarah lisan adalah suatu metode pengumpulan data atau bahan guna penulisan sejarah yang dilakukan sejarawan melalui wawancara terhadap para pelaku sejarah yang ingin diteliti. Di Indonesia metode wawancara dalam penulisan sejarah mulai dikembangkan dengan diawali adanya proyek sejarah lisan yang ditangani oleh Badan Arsip Nasional.

Berkembangnya metode wawancara dalam penulisan sejarah di Indonesia dilatarbelakangi oleh sulitnya menemukan jejak masa lampau berupa dokumen yang sezaman serta makin berkembangnya perhatian studi sejarah yangmengarah ke subyek masyarakat berupa orng kecil dalam peristiwa kecil yang biasanya tidak meninggalkan jejak berupa dokumen.

Wawancara adalah kegiatan melakukan tanya jawab dengan narasumber untuk mendapatkan keterangan tertentu. Wawacara merupakan teknik pengumpulan data yang amat penting dalam penelitian survey selain teknik utama berupa Observasi. Oleh karena itu, dalam penelitian survei, teknik wawancara merupakan pembantu utama dari metode Observasi.


Dikutip dari : http://www.binhakim.com/2011/02/tahapan-pelaksanaan-penelitian-sejarah.html

Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 27
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Mon 5 Sep 2011 - 22:12

bookmark dulu ah. hehehehe

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Thu 8 Sep 2011 - 15:01

Save page... :cheers:

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Sat 17 Sep 2011 - 4:11

ilhammenulis wrote:
bookmark dulu ah. hehehehe

Ruise V. Cort wrote:
Save page... :cheers:

lumayan jg y klo pngen bikin karya fiksi brbau sejarah, tp pasti ribet deh nyariny...
klo sejarah indonesia, lgsg cari di arsip nasional RI aja kali y... Wink
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Wed 21 Sep 2011 - 12:05

Arsip RI?
Yang bentuknya mirip batu karang itu ya? lol!

Kayaknya bikin fiksi berdasar pada sejarah RI itu hal yang agak susah deh Kak Muke Cape
Banyak fakta yang pada dasarnya memang sudah disalahkan.
Jadi banyak versi mengenai sejarah Ri yang agak simpang siur T-T
Kalau mau bikin dari catatan yang seharusnya mesti buka dokumen tua yang entah di mana... hah... pasti bau debu banget entar Nangis Nangis

Apalagi kalau udah mengeras itu kertas Lidah

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 27
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Thu 22 Sep 2011 - 8:45

justru sejarah yang simpang siur itu bisa kita ekspoitasi rui.. Lidah

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Thu 22 Sep 2011 - 13:17

Nah ya...
Tapi kan kalau mau bikin versi penyimpangannya...
Kalau mau bikin sesuai asli biar bisa sekalian jadi buku belajar kan susah...

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Tue 4 Oct 2011 - 12:33

Ruise V. Cort wrote:
Arsip RI?
Yang bentuknya mirip batu karang itu ya? lol!

Kayaknya bikin fiksi berdasar pada sejarah RI itu hal yang agak susah deh Kak Muke Cape
Banyak fakta yang pada dasarnya memang sudah disalahkan.
Jadi banyak versi mengenai sejarah Ri yang agak simpang siur T-T
Kalau mau bikin dari catatan yang seharusnya mesti buka dokumen tua yang entah di mana... hah... pasti bau debu banget entar Nangis Nangis

Apalagi kalau udah mengeras itu kertas Lidah

susah tp bukanny gak mungkin...yg namany sjarah biar dbolak-balik pasti ada dasar logikany jg...kyak bukuny Dan Brown yg judulny Da Vinci Code...gila2an itu ngebuka logikany, wlopun kita jg gak tau kan kebenaranny sjauh mana...asal inget ada resiko ny aja...hehe


ilhammenulis wrote:
justru sejarah yang simpang siur itu bisa kita ekspoitasi rui.. Lidah

mksdny kyk si Dan Brown itu?
ati2 bg, kontroversial bgt klo nyangkut sejarah... Very Happy
apalagi klo sejarah indonesia, msukin aja unsur PKI, lgsg deh kita tiba2 dapet kasus
dlu "Lastri" aja pmbuatanny gak jadi kan? tiba2 si Marcella ny dapet kasus gara2 tuh film ada hub ny dgn PKI?

Ruise V. Cort wrote:
Nah ya...
Tapi kan kalau mau bikin versi penyimpangannya...
Kalau mau bikin sesuai asli biar bisa sekalian jadi buku belajar kan susah...

klo bner2 mau nyari mending di perpustakaan nasional, lt.8 dsitu ada koran2 yg udh tua bgt..bhkan dari taun 1800-an...klo gak salah...ati2 aja ngebalikny gampang bgt robek...
nah klo koran kan, wlopun bisa aja media itu dikontrol oleh kepentingan2 tertentu, pasti ada makna2 yg tersirat dbalik itu...tnggal kita manfaatin deh... Wink
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 27
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Tue 4 Oct 2011 - 13:15

bang wind jago banget nih kalo masalah sejarah mencari

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Fri 7 Oct 2011 - 16:09

ilhammenulis wrote:
bang wind jago banget nih kalo masalah sejarah mencari

gak jago jg sih, tp aku emg tertarik sm sejarah... ssuatu yg klasik dan antik itu mnarik hati lho... Malu
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Sat 8 Oct 2011 - 20:35

Kalau begitu kenapa dulu nggak ambil sejarah aja Kak? Muke Cape

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Sat 8 Oct 2011 - 23:39

Ruise V. Cort wrote:
Kalau begitu kenapa dulu nggak ambil sejarah aja Kak? Muke Cape

nggg...knp ya? iya ya, itu prtanyaan yg bagus...
namany jg anak indonesia aseli, klo bukan jurusan yg jelas2, gak berani ambil... :oops:
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Mon 10 Oct 2011 - 11:40

(rolling eyes)
Kan bisa jadi sejarahwan (?)
atau mungkin menulis buku sejarah yang sudah dibenarkan~~
Atau nggak ambil akta 4.

Bukannya psiko makin g jelas kalau belum ambil S2? =="

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1111
Points : 1200
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 27
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Sat 22 Oct 2011 - 21:08

mau gimana lagi ya.. pasar berbicara.. :|

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Admin
Admin
avatar

Jumlah posting : 107
Points : 138
Reputation : 5
Join date : 10.11.09
Age : 35
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Fri 4 Nov 2011 - 23:17

Thread ini disticky! Thanx, de_wind :sunny:
Kembali Ke Atas Go down
http://sindikatpenulis.blogspot.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Sun 27 Nov 2011 - 1:56

@ rui : ah gak juga...klo psikologi kan enaknya bisa dipake di bidang apa aja...coba pikir bidang apa sih yg gak berhubungan dgn manusia??? bhkan forensik yg tugasnya beda2 mayat aja mesti laporan ke polisi/lembaga yg membutuhkan lainnya...klo soal informasi bicara soal komunikasi pastiny bicara interaksi sesama manusia kan? heheheh..... licik

@ bg ilham : benerrr... Nangis tp aku emg tertarik bgt buat masuk psikologi...walopun sempet kepeleset dulu ke jurusan laen... Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
Indah hayase
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 17
Points : 19
Reputation : 0
Join date : 07.08.12
Age : 24
Lokasi : Tangsel

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Mon 13 Aug 2012 - 12:17

nice Smile
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Fri 17 Aug 2012 - 4:09

makasi indah...ayo meriahkan bagian historis yg kayakny udh di ujung maut ini Laughing
Kembali Ke Atas Go down
GestyHns
Pendatang Baru
Pendatang Baru
avatar

Jumlah posting : 19
Points : 33
Reputation : 0
Join date : 24.04.13
Age : 21
Lokasi : Indramayu

PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   Sun 28 Apr 2013 - 6:18

Aku nggak ngerti iri
Kayaknya susah banget Nangis
Kembali Ke Atas Go down
http://sugestyhinose.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: [sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah   

Kembali Ke Atas Go down
 
[sharing] Tahap Pelaksanaan Penulisan Sejarah
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» MOHON BANTUANNYA DENGAN SANGAT!!!!!
» share lagu barat (tapi jangan metal :D)
» Billyard..
» YoYo
» sharing game2 asah otak aja..

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Historia-
Navigasi: