SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...
SINDIKAT PENULIS

Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  Login  
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula


Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 26
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 2 Oct 2012 - 2:08

saya sedang menulis novel, tetapi saya tidak tau batasan-batasan "resmi" mengenai hal-hal berbau SARA yang boleh ditulis. novel yang sedang saya kerjakan "sedikit" menyinggung masalah SARA. dan saya tidak tau apakah tulisan saya itu diperbolehkan atau tidak.

sekedar contoh kalimat dalam novel saya (tidak benar-benar sama persis)
Quote :
anak cowok terakhir yang ada di dalam mobil ini bernama Rolando; orang Manado narsis yang tidak punya pendirian hidup.

apakah kalimat seperti itu akan dianggap menyinggung masalah SARA? ataukah hal seperti itu masih bisa ditoleransi?

mohon bantuannya. terimakasih... Smile
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 28
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 2 Oct 2012 - 5:54

1. Aku rasa bukan hanya SARA, tapi masalah etis atau tidak. Sepertinya memang tidak ada 'batasan resmi' dan 'aturan baku', sedangkan unsur target pembaca dalam hal ini juga terlibat erat. Masalah seperti ini lebih menyangkut etika, target sang penulis dan penerimaan si pembaca.

Dan menurutku itu tergantung sang penulisnya. Apa yang mau diinformasikan, yang mau dicapai, gaya bahasa, dan keberaniannya. dan pada akhirnya pun ada editor, dan pihak-pihak yang bisa memastikan bahwa karya tersebut layak terbit. Banyak sekali contoh buku yang dilarang beredar pada suatu masa, namun di masa lain di perbolehkan. Atau dilarang di negara tertentu.

Jadi aku kira bukan hanya "kalimat-kalimat SARA" saja, namun juga isi konten secara keseluruhan. Bahkan sekelumit sejarah penciptaan kata-kata SARA saja cukup 'abu-abu'... (silakan kalau mau link asal SARA)

2.
Quote :
anak cowok terakhir yang ada di dalam mobil ini bernama Rolando; orang Manado narsis yang tidak punya pendirian hidup.

Dalam kalimat ini aku ga merasa ada persinggungan antara data bahwa dia orang Manado dengan penggambaran sifatnya yang narsis dan tidak punya pendirian hidup. Bahkan sudah cukup sulit untuk membayangkan seorang narsis yang tidak punya pendirian hidup.

Akan lebih baik apabila bisa dijelaskan lebih deskriptif. Narsis yang bagaimana?, Apa hal berkesan yang pernah ia lakukan sehingga orang memandang si Rolando ini narsis? Bukankah biasanya orang narsis cenderung berpendirian kuat? (Karena secara logika orang narsis percaya benar akan ketampanan, kecakapan dirinya meskipun semua orang tidak), Lantas mengapa ia tidak punya pendirian hidup? Apakah karena ia memandang rendah orang lain, lantas menjadi pengingkar janji? Atau apa?

Saranku sih tuliskan saja dulu sampai selesai, tidak usah ragu-ragu. Baru edit setelahnya. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 2 Oct 2012 - 13:11

Sara itu bukannya menjelek-jelekan suatu agama/ orangtertentu ya. kalau hanya menampilkan seorang tokoh yang berasal dari suatu suku beserta karakternya, tidak jadi masalah, semoga.

@mas mondi
linknya gak bisa dibuka tuh...

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula


Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 26
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 2 Oct 2012 - 15:23

@m0nd0
makasih atas pencerahannya bos.. jempol

untuk masalah ketidakcocokan antara sifat narsis dengan tidak punya pendirian hidup, sebenarnya begini bos. si Rolando ini hanyalah karakter pendukung di novel saya, dan lebih jauh lagi, dia masih SMP. kalo konteksnya orang usia 20an, mungkin emang nggak nyambung. tapi si Rolando ini masih bocah dan masih dalam masa-masa pencarian jati diri. dia menjadi narsis bukan karena panggilan hidupnya, tapi lebih karena pengen diliat oleh orang lain. kebetulan si Rolando ini juga belum dewasa pola pikirnya. kerjaannya cuma ngikutin tren yang ada. makanya saya katakan dia nggak punya pendirian hidup.

gampangnya, bayangin aja bocah SMP belagu yang menang di style (karenanya disebut narsis), padahal orangnya talk more do less..
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Sun 7 Oct 2012 - 3:06

halo wilfran, salam kenal dlu ya...

Kalo dr cth kalimat potongan novel yg km quote itu sih mnrtku gak ada sara sm skali, cm skedar deskripsi tokoh aja...

Sprti kt vera, yg gak etis itu klo dlm thap mnjelekkan seseorang bdasarkan identitas sara ybs. Sara itu kepanjanganny "suku, agama, ras" ya? Bener, gak?

Klo diambil cth, yg dilarang itu yg bgini : "dia melempar sandal ke kepala orang tersebut. Orang minang tabiatny memang tidak sopan." (nyontohin suku sndri aja biar gak ada slah paham) ini contoh, lho...
Kembali Ke Atas Go down
wilfran
Penulis Pemula
Penulis Pemula


Jumlah posting : 56
Points : 76
Reputation : 0
Join date : 02.10.12
Age : 26
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Sun 7 Oct 2012 - 5:06

de_wind wrote:
halo wilfran, salam kenal dlu ya...

Kalo dr cth kalimat potongan novel yg km quote itu sih mnrtku gak ada sara sm skali, cm skedar deskripsi tokoh aja...

Sprti kt vera, yg gak etis itu klo dlm thap mnjelekkan seseorang bdasarkan identitas sara ybs. Sara itu kepanjanganny "suku, agama, ras" ya? Bener, gak?

Klo diambil cth, yg dilarang itu yg bgini : "dia melempar sandal ke kepala orang tersebut. Orang minang tabiatny memang tidak sopan." (nyontohin suku sndri aja biar gak ada slah paham) ini contoh, lho...

salam kenal kakak senior..
makasih banyak atas pencerahannya..
ngomong-ngomong saya juga menggunakan suku saya sendiri sebagai contoh.. Smile
Kembali Ke Atas Go down
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Wed 10 Oct 2012 - 19:25

@Wind >>> bener banget Wind...

yang dimaksud dg isu SARA tu kalo kita mendiskreditkan agama, suku, ras, atau golongan tertentu. Mendiskreditkan disini antara lain dg menjelek-jelekkan orang atau kelompok yang meyakini agama, bagian dari suatu suku, ras, atau golongan...

golongan tsb. bisa sikap politik, ideologi, organisasi, dll.

jd kalo kalimat yg kita gunakan tidak menyinggung siapapun, tidak masalah.
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Thu 11 Oct 2012 - 10:00

manggut manggut

jempol

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 16 Oct 2012 - 7:14

@wilfran : iya, biar nnt klo ada yg protes kan tinggal bilang. "saya kan org minang, mana mungkin ngjelek2in diri sendiri?? huehehehe" mudah2an gak ada masalah lagi ya soal SARA ini...dtunggu karyany di promosi buku dor

@mbak iin dan vera : gak mau komen apa2, kasian aja dcuekin....wkkk.... kabur
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 16 Oct 2012 - 15:30

ngopi

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
hyda
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 260
Points : 278
Reputation : 0
Join date : 04.07.12
Age : 23
Lokasi : Lombok

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Sun 28 Oct 2012 - 20:04

untung ja q mampir k sini.... :aha joget
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Mon 29 Oct 2012 - 2:12

kenapa emgny, hyda? Smile
Kembali Ke Atas Go down
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 22
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 30 Oct 2012 - 21:36

selain agama ras dan suku
hal terkrcil seperti ledekan juga termasuk sara

dari lirikan dan pandangan, juga bisa dikatakan sara
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 536
Points : 590
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 25

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 30 Oct 2012 - 21:43

khairani mukhlis wrote:
selain agama ras dan suku
hal terkrcil seperti ledekan juga termasuk sara

dari lirikan dan pandangan, juga bisa dikatakan sara
pandangan dan lirikan?
bisa minta contohnya?
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 28
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Tue 30 Oct 2012 - 22:43

yang aku tau dari lirikan bisa berbuah cinta...
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Wed 31 Oct 2012 - 16:33

lirikan dan pandangan yang kayak gimana hyda?
hem, mungkin lebih ke bullying ya? bukan lirikan cinta, atau nyontek jawaban
hihihihi

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
khairani mukhlis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1250
Points : 1309
Reputation : 32
Join date : 13.10.11
Age : 22
Lokasi : padang

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Wed 31 Oct 2012 - 22:35

Blassreiter wrote:
khairani mukhlis wrote:
selain agama ras dan suku
hal terkrcil seperti ledekan juga termasuk sara

dari lirikan dan pandangan, juga bisa dikatakan sara
pandangan dan lirikan?
bisa minta contohnya?

jadi susah ngegambarin, soalnya ini biasanya sering di daerah minoritas muslim
lebih ke agama sih,
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Thu 1 Nov 2012 - 5:53

mksdny pandangan meremehkan gtu? lirikan sinis?
klo itu mah gak usah ditanggepin
lagian org2 gak bisa mengkategorikan itu SARA
wong gak ada buktiny... Laughing
Kembali Ke Atas Go down
hyda
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 260
Points : 278
Reputation : 0
Join date : 04.07.12
Age : 23
Lokasi : Lombok

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Sun 4 Nov 2012 - 22:08

kak wind & vera @ aku kira SARA itu berbau pornografi hehe Muka Ijo
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Mon 5 Nov 2012 - 1:00

kok bisa kepikiran ke sana?
Kembali Ke Atas Go down
hyda
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 260
Points : 278
Reputation : 0
Join date : 04.07.12
Age : 23
Lokasi : Lombok

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Mon 5 Nov 2012 - 18:45

hehe..hyda g tau kak.. emang hyda agak rada2 lemot orangnya hehe lol!
Kembali Ke Atas Go down
dhani
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 2
Points : 2
Reputation : 0
Join date : 17.10.11

PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Wed 5 Aug 2015 - 16:10

kata "orang" diganti "peranakan" udah jadi kata biasa, namun kayanya bukan sebuah kalimat sara
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA   Today at 9:29

Kembali Ke Atas Go down
 
tanya mengenai hal-hal yang berbau SARA
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» mw tanya nih! oli mesin yang mantab buat ninin apa yah?
» (iseng2 tanya)napa banyak ninja 250 dijual???
» Seni Pahat Semangka Yang Menakjubkan
» ada yang mau kerjasama^^
» Kematian Bruce Lee Yang Misterius

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Novel-
Navigasi: