SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...


Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 percakapan ibu dan anaknya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: percakapan ibu dan anaknya   Mon 29 Oct 2012 - 1:47

Quote :
Dear all,

mau berbagi rasa dan crita saja hehe..

jd setelah pekan ulangan dibagikan lah hasilnya dan ada beberapa pertanyaan yg salah dan dikasih jawaban benernya ama gurunya. dan aku tanya ke deven. dia merasa jawabannya itu benar.
contoh :
pertanyaan : pekerjaan akan cepat selesai jika dikerjakan :
a. bekerja sama
b. sendirian
c. masing-masing
dan deven jawab b.sendirian, dan yg benar ternyata a.bekerja sama
pas aku tanya kenapa de kok jawabnya sendirian, kalo kata bu guru ini jawabnya a.bekerja sama. trs deven malah jawab. iya lah mi sendirian. kalo kerjasama namanya nyontek. mami mau aku suka nyontek? aku jawab ngga. ya udah brarti ya dikerjain sendirian lah ngga kerja sama. hehehe cuma bisa nyengir aja deh.. speechless

trs soal yg lain :
pengalaman menjadi... bagi hidup kita
a. pelajaran sulit
b. pelajaran santai
c. pelajaran berharga
deven jawab b. pelajaran santai. ketika aku tanya kok pelajaran santai de. bukannya pelajaran berharga. trs dia bilang kan kata mami kalo belajar dibawa santai aja ga usah dibuat susah wkwkwk.. emang aku suka bilang kalo dia lagi bete banget ngerjain PR or latihan karena entah tangannya pegel or karena malas, aku bilang dibawa santai aja de. kalo capek ya udahan dulu main dulu abis itu kerjain lagi ga usah dibawa susah n bete.. jadilah dia ingetnya itu...

nah kira2 ada ga tips biar dia tau konteks pertanyaan dgn jawaban, apa emang sudah bener biar dia menjawab seperti yg dia pikirkan aja.. masih banyak soal2 yg jawabannya menurut gurunya salah dan menurut deven bener dan dia punya alasan sendiri kenapa dia jawab begitu..

terimakasih
lu2


ngakak ngakak ngakak
asli, sumpah ini lucu banget, makany aku sharing Razz
kalo dpikir2 bener bgt apa yg jadi alesan dia jawab dua prtanyaan itu...
bisa bwt pelajaran jg nih bwt para SPers yg banyak gurunya...
dan sukseslah kata psikolog ini anak gak butuh skul
mungkin krena pemikiranny udh lewat dari yg namany pola skul Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 25
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Mon 29 Oct 2012 - 13:38

pola skul itu apa kak wind?
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Mon 29 Oct 2012 - 18:27

ini yang salah gurunya --"
dua pertanyaan itu pertanyaan retorik.
Nggak bisa dikasih jawaban yang pasti.
TAPI KENAPA MASIH DITANYAIN!? murka

Ceritanya mau melanjutnya nyetak manusia robot dengan pemikiran homogen apa!?

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 7:03

@sagi : mksdnya anak ny gak butuh untuk disekolahin...
ini bukan kataku lho ya...ini kata psikolog ny...
psikolog error sih sbenerny...psikolog canggih bgt deh...

@ rui : iya emg. tp rata2 kan pertanyaan yg moralis
kayak yg disajiin dulu di PMP begitu smua...
klo skrg dmn y? kayak tradisi bergotong royong di indonesia kan?
pntesan bnyk anak murid yg suka nyontek.... geli
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 28
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 9:56

Setuju Berat sama Rui!!

pertanyaan dengan model pilihan ganda bukan model yang baik dalam mendidik. Baik uat guru maupun murid. Soalnya menurutku kanal komunikasi guru dan murid sangat minim dalam pertanyaan model begini, ga bisa berfungsi sebagai alat untuk mengenal muridnya lebih jauh, gurunya juga jadi pemalas. Udah saatnya pendidikan untuk mulai bergerak ke arah yang lebih holistik dan menyeluruh. Nyetak 'robot' ga bakal bikin negara ini maju, bikin generasi depan jadi gak kreatif dan miskin moral. Ini sekedar uneg-unegku aja buat para guru dan calon guru yang kebetulan baca.

Kalau misalnya "tes pemahaman murid" (jangan ulangan namanya...), bentuknya semacam wawancara lisan kurasa jauh lebih baik buat anak-anak kecil. Sang guru jadi bisa mengenal anak-anak didiknya dengan lebih baik, dan bisa memberi saran eksklusif, maka itu lebih sedikit muridnya lebih baik, dan memang di butuhkan guru-guru yang komunikatif, seperti salah seorang anggota SP yang aku kenal yipi .
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 26

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 10:59

jadi inget ini:



kabur
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 25
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 16:42

inget apa, blass?
kok ga keliatan apa2, ya?
Shocked Shocked Shocked

iya sih,
aku juga semester ini lagi belajar bikin soal utk dikasih ke murid,
ternyata menyusun soal itu luar biasa sulitnya,
harus diukur dulu validitas dan reliabilitasnya,
utk soal2 yg sifatnya retoris, jelas2 orang mikir buat bikin satu jawaban yg udah jelas dan semua juga rata2 udah tau, kan yg jawab soal bakal hampir 100% (ga berani bilang 100% lagi setelah baca ini), nah itu justru ga bagus dan dianggap ga reliabel.
ga bisa dijadiin acuan apalagi digunakan utk soal tes.

ribet deh buat bikin soal itu,
kayak yg mas mondo bilang,
harus bisa juga dari tes yg dibuat itu guru mengenal siswa ga cuma dari segi kognitifnya aja, tes harus bisa memberi gambaran menyeluruh dari siswa..
pokoknya ribet~~~


tapi ntah kenapa,
ntah karena ribet ini,
fakta di lapangan sekarang malah jarang banget ada yg nerapin semua ini..
semua pada asal jadi aja, mau gampangnya aja..
makanya aku juga lebih suka soal itu essay daripada pilihan berganda,
lebih bisa dikenali anak didik itu dari sana dibanding pilihan ganda..
#takut salah mengerti anak didik
Kembali Ke Atas Go down
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 26

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 18:27

sagitany wrote:
inget apa, blass?
kok ga keliatan apa2, ya?
Shocked Shocked Shocked

iya sih,
aku juga semester ini lagi belajar bikin soal utk dikasih ke murid,
ternyata menyusun soal itu luar biasa sulitnya,
harus diukur dulu validitas dan reliabilitasnya,
utk soal2 yg sifatnya retoris, jelas2 orang mikir buat bikin satu jawaban yg udah jelas dan semua juga rata2 udah tau, kan yg jawab soal bakal hampir 100% (ga berani bilang 100% lagi setelah baca ini), nah itu justru ga bagus dan dianggap ga reliabel.
ga bisa dijadiin acuan apalagi digunakan utk soal tes.

ribet deh buat bikin soal itu,
kayak yg mas mondo bilang,
harus bisa juga dari tes yg dibuat itu guru mengenal siswa ga cuma dari segi kognitifnya aja, tes harus bisa memberi gambaran menyeluruh dari siswa..
pokoknya ribet~~~


tapi ntah kenapa,
ntah karena ribet ini,
fakta di lapangan sekarang malah jarang banget ada yg nerapin semua ini..
semua pada asal jadi aja, mau gampangnya aja..
makanya aku juga lebih suka soal itu essay daripada pilihan berganda,
lebih bisa dikenali anak didik itu dari sana dibanding pilihan ganda..
#takut salah mengerti anak didik
itu gambarnya nggak keliatan yah?
apa sagi pake hape? mencari
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 19:50

(ngakak baca soal Kak Blass)
itu kertas ulangan punya Kakak?
Serius Kak? XD

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 537
Points : 591
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 26

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 19:53

Ruise V. Cort wrote:
(ngakak baca soal Kak Blass)
itu kertas ulangan punya Kakak?
Serius Kak? XD
bukan, itu dari kaskus Razz
Hasil dari anak yg diasuh pembantu terus tuh
--------------
Ah, aku teringat keponakanku juga....
Ceritanya dia dapet soal yang bunyinya:

Apabila hujan turun maka tanah akan menjadi....

Itu bukan soal pilihan ganda tapi essay, dan jawaban yang benar menurut gurunya adalah "basah".
Tapi keponakanku menjawab "becek", dan jawaban itu disalahkan oleh gurunya.

murka
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 21:19

(Gubrak!)
Pertanyaan macam apa itu!?
Tanah kalau basah pastinya becek.
Masak iya kalau tanah basah nggak becek tapi berdebu!?

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 28
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 30 Oct 2012 - 22:57

Aku pas SD pernah dapet soal bentuk pertanyaannya isilah titik-titik, persis seperti ini:

Quote :
Air mudah bersih disalurkan ...

Bahkan sampai aku lulus S1 sekarang ini, aku masih belum tau bagaimana dan apa jawabannya.... luar biasa memang guru SDku. Shocked
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 25
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Wed 31 Oct 2012 - 0:30

udah keliatan, blass..
iya, kemarin itu pernah kami bahas di kampus,
itu bukti ga bisa nyalahin murid, toh emang dia ga pernah digituin ibunya,
dan ibunya bajunya baju kantor, ga kayak di gambar..
susah sih kalo mau maksain anak2 SD yg masih jujur utk sesuai apa yg gurunya mau, beneran ga berkembang tuh murid jadinya..
#bagus juga bidangku kimia jadi ga bakal ketemu anak SD, bisa rusak juga sih moral anak SD kalo ketemu guru semacam aku yg lebih suka mereka bebas dengan dirinya dan dunianya sendiri..


dan luar biasa bingung sama soal yg mas mondo ketik di atas ini..
luar binasa..
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah
avatar

Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 24
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Thu 1 Nov 2012 - 10:35

itu nggak jelas ujung pangkalnya punya Kak Mondo --"
nggak tahu mau jawab apa

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Sun 4 Nov 2012 - 3:18

mgkn sebenerny dia pngen ngomong bgini kali y...
"air mudah bersih karena disalurkan lewat..." eh tp jawabany apa y? Laughing
ah sudahlah, kok jd pusing mikirin bgtuan y??? Laughing
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 25
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Sun 4 Nov 2012 - 3:46

atau,
"air bersih mudah membersihkan ... jika dialirkan"
#tetep, jawabannya emang ga ketemu deh..
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 32
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Sun 4 Nov 2012 - 21:09

hanya ibu itu dan Tuhan yang tahu apa yang sedang dia pikirkan saat membuat soal itu... Muke Cape
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior
avatar

Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 26
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Mon 5 Nov 2012 - 17:09

de_wind wrote:
Quote :
Dear all,

mau berbagi rasa dan crita saja hehe..

jd setelah pekan ulangan dibagikan lah hasilnya dan ada beberapa pertanyaan yg salah dan dikasih jawaban benernya ama gurunya. dan aku tanya ke deven. dia merasa jawabannya itu benar.
contoh :
pertanyaan : pekerjaan akan cepat selesai jika dikerjakan :
a. bekerja sama
b. sendirian
c. masing-masing
dan deven jawab b.sendirian, dan yg benar ternyata a.bekerja sama
pas aku tanya kenapa de kok jawabnya sendirian, kalo kata bu guru ini jawabnya a.bekerja sama. trs deven malah jawab. iya lah mi sendirian. kalo kerjasama namanya nyontek. mami mau aku suka nyontek? aku jawab ngga. ya udah brarti ya dikerjain sendirian lah ngga kerja sama. hehehe cuma bisa nyengir aja deh.. speechless

trs soal yg lain :
pengalaman menjadi... bagi hidup kita
a. pelajaran sulit
b. pelajaran santai
c. pelajaran berharga
deven jawab b. pelajaran santai. ketika aku tanya kok pelajaran santai de. bukannya pelajaran berharga. trs dia bilang kan kata mami kalo belajar dibawa santai aja ga usah dibuat susah wkwkwk.. emang aku suka bilang kalo dia lagi bete banget ngerjain PR or latihan karena entah tangannya pegel or karena malas, aku bilang dibawa santai aja de. kalo capek ya udahan dulu main dulu abis itu kerjain lagi ga usah dibawa susah n bete.. jadilah dia ingetnya itu...

nah kira2 ada ga tips biar dia tau konteks pertanyaan dgn jawaban, apa emang sudah bener biar dia menjawab seperti yg dia pikirkan aja.. masih banyak soal2 yg jawabannya menurut gurunya salah dan menurut deven bener dan dia punya alasan sendiri kenapa dia jawab begitu..

terimakasih
lu2


Jadi guru SD berat ya...
(melihat profesi ke depan)
apalagi meliaht bocah-bocah yang polos-polos. Mau aku doktrin seperti apa.
Pernah juga kekhawatiran itu muncul lo. Aku takut nanti ada doktrinku yang salah dan berdampak buruk ke mereka.
Tetapi setelah aku terjun langsung ya. Karena aku ngajar kelas lima. Mereka sudah punya konsep yang unik yang mereka dapat dari pengalaman mereka selama ini.

Aku bersyukur enggak ngajar kelas 1,2,3,4
iri



m0nd0 wrote:
Setuju Berat sama Rui!!

pertanyaan dengan model pilihan ganda bukan model yang baik dalam mendidik. Baik uat guru maupun murid. Soalnya menurutku kanal komunikasi guru dan murid sangat minim dalam pertanyaan model begini, ga bisa berfungsi sebagai alat untuk mengenal muridnya lebih jauh, gurunya juga jadi pemalas. Udah saatnya pendidikan untuk mulai bergerak ke arah yang lebih holistik dan menyeluruh. Nyetak 'robot' ga bakal bikin negara ini maju, bikin generasi depan jadi gak kreatif dan miskin moral. Ini sekedar uneg-unegku aja buat para guru dan calon guru yang kebetulan baca.

Kalau misalnya "tes pemahaman murid" (jangan ulangan namanya...), bentuknya semacam wawancara lisan kurasa jauh lebih baik buat anak-anak kecil. Sang guru jadi bisa mengenal anak-anak didiknya dengan lebih baik, dan bisa memberi saran eksklusif, maka itu lebih sedikit muridnya lebih baik, dan memang di butuhkan guru-guru yang komunikatif, seperti salah seorang anggota SP yang aku kenal yipi .

hemm..
masukan yang baik bang mondo...
aku juga masih unyu banget nyemplung di sini. Tetapi untuk jawaban pilihan ganda mungkin bisa dipakai untuk hal yang bersifat pasti saja ya.
untuk pemahaman murid, seperti yang abang bilang lebih baik menggunakan tes lisan. atau essay seperti kata sagi

Blassreiter wrote:
jadi inget ini:



kabur
ngakak ngakak
wah parah juga tuh...


sagitany wrote:
inget apa, blass?
kok ga keliatan apa2, ya?
Shocked Shocked Shocked

iya sih,
aku juga semester ini lagi belajar bikin soal utk dikasih ke murid,
ternyata menyusun soal itu luar biasa sulitnya,
harus diukur dulu validitas dan reliabilitasnya,
utk soal2 yg sifatnya retoris, jelas2 orang mikir buat bikin satu jawaban yg udah jelas dan semua juga rata2 udah tau, kan yg jawab soal bakal hampir 100% (ga berani bilang 100% lagi setelah baca ini), nah itu justru ga bagus dan dianggap ga reliabel.
ga bisa dijadiin acuan apalagi digunakan utk soal tes.

ribet deh buat bikin soal itu,
kayak yg mas mondo bilang,
harus bisa juga dari tes yg dibuat itu guru mengenal siswa ga cuma dari segi kognitifnya aja, tes harus bisa memberi gambaran menyeluruh dari siswa..
pokoknya ribet~~~


tapi ntah kenapa,
ntah karena ribet ini,
fakta di lapangan sekarang malah jarang banget ada yg nerapin semua ini..
semua pada asal jadi aja, mau gampangnya aja..
makanya aku juga lebih suka soal itu essay daripada pilihan berganda,
lebih bisa dikenali anak didik itu dari sana dibanding pilihan ganda..
#takut salah mengerti anak didik

heheh...
eh kemarin aku nerapin satu kegiatan yang berbeda dari rpp ku.
aku suruh muridku bikin soal sendiri mengenai materi yang telah dibahas. abis itu aku suruh mereka kerjain soal yang temen mereka buat. tukeran gitu.

untuk beberapa materi yang udah aku ajarkan. apalagi bahasa indonesia. masih berupa puisi, karangan, jadi tugasnya jelas2 bikin puisi/karangan sendiri. tanpa pilihan ganda.

sagitany wrote:
udah keliatan, blass..
iya, kemarin itu pernah kami bahas di kampus,
itu bukti ga bisa nyalahin murid, toh emang dia ga pernah digituin ibunya,
dan ibunya bajunya baju kantor, ga kayak di gambar..
susah sih kalo mau maksain anak2 SD yg masih jujur utk sesuai apa yg gurunya mau, beneran ga berkembang tuh murid jadinya..
#bagus juga bidangku kimia jadi ga bakal ketemu anak SD, bisa rusak juga sih moral anak SD kalo ketemu guru semacam aku yg lebih suka mereka bebas dengan dirinya dan dunianya sendiri..


dan luar biasa bingung sama soal yg mas mondo ketik di atas ini..
luar binasa..

iya guru SD itu susah. aku aja ketawa mulu ngelihat tingkah mereka yang kocak abis. terus denger cerita dari temen2 yang udah ngajar tambah bikin aku gemes.

soalnya bang mondo aku gak paham tuh...


_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati
avatar

Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 25
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   Tue 6 Nov 2012 - 21:03

iya ya, ver?
aku sih masih belajar metode2 ngajar sama tutoring semester ini..
RPP belajarnya semester depan, semester depannya lagi baru deh PPL satu semseter penuh~

lagi sebanyak mungkin belajar biar murid ga bosen nih,
vera jadi semacam model jig saw gitu, ya?
di SD udah bisa diterapin ternyata~
kereeeennn......
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: percakapan ibu dan anaknya   

Kembali Ke Atas Go down
 
percakapan ibu dan anaknya
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Bebas :: Apa Saja ^_^-
Navigasi: