SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...
SINDIKAT PENULIS

Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  Login  
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 Diskusi tentang novel lokal yuk

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 9:11

Pernah merhatiin gak jumlah novel-novel lokal dan novel impor yang terpajang di rak toko buku?

Sekarang udah lumayan banyak, yah, walaupun masih kalah jumlah, tetapi seenggaknya udah jauh berkembang dariapada dua tiga tahun yang lalu.. Malu

cuman yang bikin saya heran, kenapa kok banyaknya buku buatan lokal itu buku travel dan buku komedi ya? bukan mendeskritkan, saya juga suka banget sama buku-buku semacam itu. buku komedi bisa melepaskan stress dan penat, dengan gaya bahasa yang ringan sehari-hari.. sementara buku travel itu sangat informatif, bayangkan 3 juta bisa pergi ke luar negeri.. wow.. Top Top

tetapi tetep.. ada sedikit kekhawatiran, semacam terjadi booming market untuk buku-buku semacam itu. sehingga sepertinya buku buku dengan genre yang lain kurang terperhatikan. penulis-penulis baru yang ingin bukunya tembus ke penerbit pun sepertinya lebih memilih menulis dengan genre tersebut, daripada mengeksplorasi genre dan style yang lain..

ini pendapat saya.. gimana dengan abang-abang senior yang lain? Malu

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 12:12

wah bagus nih, bg... diskusi buat nambah ilmu... Wink

klo aku liat sih, di indonesia ini emg lebih fokus sama keuntungan komersil sih...
jd skali ada genre yg booming, pasti yg lain ikut2an biikin genre yg sama
gak hanya brlaku di buku, film, musik, dll deh...smuany... :(

klo mnurutku genre novel yg masih jarang bgt yg mngangkut skill...
entah tokohnya koki, fotografer, wartawan...
klopun ada yg tokohny profesional di bidangny, tetep aja yg ditonjolin sisi romansany
bkn segi apa yg dia lakukan, jd novel yg informatif itu jarang bgt...

CMIIW ya, soalny udah jarang baca2 novel...

tp klo karya angkatan tua, mnrutku bnyak yg bagus...
genreny lebih beragam, cm alurny aja yg lambat
buat org yg bosenan bisa jadi rada susah ngikutinny...

alasanny? mgkn 32 tahun pembodohan n pencekalan bakat seni rezim soeharto :(
dgn kata lain, generasi muda skrg udh bnyk terkena doktrin...
doktrin itu brupa pola pikir yg "ringan" dan gak mau "susah"
makany produk2 "ringan" mewabah n smkin sdikit mngasah pola pikir
makany pula ada tren "ikut2an" krn itu yg pling gampang dlakuin, kan?
jd lingkaran setan deh (jd susah beridealisme krna gak ada wadah n pndorongny)
yah, itu opiniku sih... Smile
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 12:23

klo mnurutku genre novel yg masih jarang bgt yg mngangkut skill...
entah tokohnya koki, fotografer, wartawan...
klopun ada yg tokohny profesional di bidangny, tetep aja yg ditonjolin sisi romansany
bkn segi apa yg dia lakukan, jd novel yg informatif itu jarang bgt...

nah itulah~ ciri khas orang melayu mbak.. mendayu dayu dan cengeng soal cinta.. hehehe (padahal sendirinya bikin puisi soal cinta melulu Razz)

terus terang saya belum pernah baca novel-novel klasik indonesia loh.. padahal karya karya penulis luar kaya Edgar Allan Poe, Leo Tolstoy, bahkan Homer pernah saya baca :|

kenapa coba? bukan karena rasa nasionalisme yang kurang loh.. SUSAH NYARINYA.. Nangis

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
tukangtidur
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 828
Points : 985
Reputation : 19
Join date : 30.04.10
Age : 34
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 16:34

Kenapa novel lokal jarang ada di toko buku? Jawabannya adalah karena mungkin belum ada novel lokal yang kuat atau yang bagus untuk diterbitkan. Karena penerbit adalah bagian dari industri yang itu artinya selalu berkutat dengan kapital, maka menerbitkan novel yang biasa-biasa aja adalah bunuh diri. Bukan karena tidak memberikan kesempatan untuk para novelis dan selalu memanjakan buku-buku travel dan komedi, tapi percaya deh, kalau novelnya bagus pasti akan diterbitkan. Ayo Ilham, makanya Sense buruan diselesain, biar novel fantasi lokal semakin semarak. Hehe.
Kembali Ke Atas Go down
http://zonakosong.tk
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 16:43

Ayo Ilham, makanya Sense buruan diselesain, biar novel fantasi lokal semakin semarak. Hehe.

benar-benar membuat terharu Nangis Nangis

tapi bang.. bukannya memang harus ada terobosan ya? contohnya kayak dulu bloomsberg gambling nerbitin harpot, padahal udah ditolak di berbagai penerbit?

*mohon pencerahannya Malu


_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
tukangtidur
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 828
Points : 985
Reputation : 19
Join date : 30.04.10
Age : 34
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 17:02

Kalau ada terobosan sih oke. Tapi selama ini belum ada (atau gue yang belum nemu) novelis yang melakukan terobosan macam itu. Beneran deh, sekarang penerbit pengen banget nyari novel yang kuat dan bagus. Tapi penerbit juga pengen banget nerbitin buku yang memiliki potensi best-seller Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://zonakosong.tk
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Fri 21 Oct 2011 - 17:07

Quote :
hoo~ boleh tanya bang.. best seller lokal yang abang tau sekarang siapa dengan karya apa nih? Malu
Untuk saat ini penulis2 bestseller masih yang dulu-dulu juga.
Raditya Dika (humor)
Andrea Hirata (novel)

Terus novel Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna karya A. Fuadi
buku humor Poconggg karya siapa lupa namanya (buku poconggg nih laku keras!)
Kening karya pitrop
Madre karya Dee

Udah itu aja yang gue tahu buku-buku yang penjualannya bagus.

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Mon 24 Oct 2011 - 22:07

itu siapa yang posting pake akun saya?? mencari mencari

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Mon 24 Oct 2011 - 23:18

kalo sejauh ini sih mnurutku novel yg kuat itu masih karya2 Pramoedya... (my big inspirative writer!)
hebat tuh, informatif bgt soal sejarah tp bisa ngerangkai fakta2 sejarah yg gak ngebuat kita bosen
selain itu, gaya bahasany jg menarik, baik dari segi deskripsi juga dari sisi romanny...
yah yg paling ksuka sih sjauh ini emg karyany Tetralogi Buru, satu lagi Gadis Pantai
malah jd bahas novel favorit sndri deh...hehe...

slain karya Pramoedya, karya2 angkatan tua bagus...
nah, yg aku heran kok malah ada kemerosotan karya sastra indonesia ya? :scratch:
boleh tau gak referensi karya sastra angkatan modern yg bagus?
itu novelny raditya dika, aku ngerasa itu novel gak lucu...
malah terkesan garing dan dpaksain (mgkn emg gak cocok sm seleraku aja ya...)

tp klo dbilang karya lokal jarang di publish gak jg.
buktiny teenlit dan chicklit bertebaran dmna2...entah itu bisa dikategorikan karya sastra apa gak
tp emg jarang yg berkarakter kayak Andrea H, Dee, dkk...
btw, novel pertama dari tetralogi Laskar Pelangi mnurutku gak bagus, novel keduany baru bagus
alasanny, jelas2 dia pake sudut pandang dia sbg anak kecil tp bahasany terlalu intelek
kdng2 malah keterlaluan jd timpang sama tema novelny sndri... mnurutku sih Very Happy


ilhammenulis wrote:
itu siapa yang posting pake akun saya?? mencari mencari


lah??
emg postingan yg di atas ny bg ilham itu yg pake bkn bg ilham sndri??? mencari
jgn2 pernah ninggalin komputer pas lg login ke sindikat trus ada yg iseng kali Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 25 Oct 2011 - 6:40

iya.. duh, siapa ini yang iseng ya.. -.-

kalo saya sih masih tetep menganggap karya dee yang paling cihui di indonesia.. dan bang tere liye di urutan kedua. Malu

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Thu 27 Oct 2011 - 9:22

tapi jujur aja ._.

rasanya penerbit lebih memilih yang bagian mainstream ._.
hasilnya ya chicklit dan teenlit yang temanya itu-itu aja =="

dan juga,
dari yang aku perhatiin dari temen-temenku di jurusan bahasa, banyak yang nggak minta kalau udah di kasih dengan bahasa baku seusia eyd. lebih milih yang bahasa ringan dan lebih... gaul (headbang)
jadinya kan kalau gitu penerbit ikutin selera pasar dan penulis kalau mau terbit bukunya ikutin permintaan penerbit kan? ._.

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Thu 27 Oct 2011 - 9:41

hahaha.. kadang emang ada pembaca yang suka pusing kalo dikasih bahasa yang "tinggi"

nih saya kasih contoh

waktu yang dihabiskan benda bulat itu untuk berayun dari satu ujung ke ujung lainnya ditentukan oleh sebuah konspirasi rahasia antar-ukuran yang paling abadi: singularitas titik suspensi, dualitas dimensi bidang, awal triadik dari phi, sifat rahasia akar kuadrat, dan kesempurnaan tak terhitung dari lingkaran itu sendiri..

kutipan bari bab I novel Foucaults Pendulum, saya berpendapat kalo kutipan yang diucapkan oleh si Casaubon ini indah banget.. tapi gak sedikit juga yang langsung nutup ini buku begitu baca kalimat diatas.. hahahaha.. terlalu berat katanya..

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Thu 27 Oct 2011 - 10:07

Bacanya jadi keinget fisika dan matematika =="
kalau yang itu memang agak kasian juga yang benci fisika...

tapai kalau dalam cerita, memang cukup indah ^^
Hyah!
Sayangnya orang Indonesia nggak mau... (masih nyesek dibilang nggak jelas nulis apaan)

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 1 Nov 2011 - 0:54

kalo mnurutku emang karya2 yg mengandalkan gaya bahasa emg jadinya cuma untuk kalangan terbatas, wajar kalo penerbit yg butuh uang itu jadi gak tertarik nerbitin karya2 yg kayak gitu. aku sendiri sih gak saklek mesti karya dgn bahasa yg intelek atau bahasa yg sastrawi bgt yg bisa dijadiin karya yg bagus, aku lebih berpendapat karya yg punya "ambience" dan kedalaman makna itu yg bagus. jadi, sekalipun itu karya bahasanya emg sengaja dibikin mngikuti mainstream ya gak ada salahnya, asal jangan sampah beneran, gak ada maksud, gak ada pesan moral, gak ada makna, cuma sekedar nyenengin org2 yg berpikiran "ringan".

btw, utk karya2 mainstream (ini soal film sih rada2 OOT) di balik karya2 yg mainstream (sbenernya gak ngerti2 bgt apa sih mainstream itu???? Laughing ) tiba2 suka ada kalimat2 yg bernada sindiran ke pemerintah contohnya. mungkin udah ada yg mulai bergerak di balik layar dan dgn cara yg kooperatif (klo bahasa perjuangan melawan belanda tempo doeloe) tapi bergerilya lewat kata2 tersirat, bukan tersurat. Very Happy

apa di novel jg bgtu? aku udah jarang baca novel jd butuh bgt pencerahan soal ini.
btw, tere liye itu siapa bg??? mencari
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 1 Nov 2011 - 1:00

tere liye itu penulis dari republika.. karya2nya bagus semua.. terutama "rembulan tenggelam di wajahmu" a must read novel Very Happy

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 1 Nov 2011 - 1:12

ilhammenulis wrote:
tere liye itu penulis dari republika.. karya2nya bagus semua.. terutama "rembulan tenggelam di wajahmu" a must read novel Very Happy

e-book aja bg...
gak ada budget buat novel2an skrg ini... Mad
coba bikin resensinya dong, bg...lumayan jd makin kenal... Smile
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 1 Nov 2011 - 13:15

ntar saya bikin.. tapi dengan syarat mbak bikin satu resensi juga.. hehehehe

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 1 Nov 2011 - 14:01

ilhammenulis wrote:
ntar saya bikin.. tapi dengan syarat mbak bikin satu resensi juga.. hehehehe

Muke Cape lg ngegarap novel nih bang... Muke Cape
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Tue 1 Nov 2011 - 14:03

hihihihi.. gpp dong mbak, selingan Very Happy

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Sat 5 Nov 2011 - 20:56

nnt deh klo sempet...hehe...
Kembali Ke Atas Go down
kimchiriuza
Penulis Berbakat
Penulis Berbakat


Jumlah posting : 392
Points : 507
Reputation : 1
Join date : 21.12.11
Age : 23
Lokasi : Dimensi ke-7

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Wed 8 Feb 2012 - 20:24

Saya kemaren nemuin satu novel fantasi karya lokal yang menurut saya lumayan bagus, judulnya The Govins karya Diana Caroline.
lumayan lah buat ngobatin kekecewaan saya sama novel para hantu yang kini lagi populer.

jadi kangen penulis lawas kayak NH. Dini, Ahmad Tohari, dsb..
dulu waktu SMP sering baca di perpus, Nangis
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Sat 11 Feb 2012 - 4:15

resensiiiny maannnnaaaaa...??? (inget iklan xon-ce? Very Happy)
Kembali Ke Atas Go down
kimchiriuza
Penulis Berbakat
Penulis Berbakat


Jumlah posting : 392
Points : 507
Reputation : 1
Join date : 21.12.11
Age : 23
Lokasi : Dimensi ke-7

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Sun 12 Feb 2012 - 19:50

Resensiii yang mannaaa,,,???? teliti
tik
Kembali Ke Atas Go down
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Sun 12 Feb 2012 - 20:06

resensi The Govins ny...
soalny ak blum prnah baca sih...
ato klo ada e-bookny boleh tuh dshare d "LADANG E-BOOK" Malu
Kembali Ke Atas Go down
m0nd0
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1446
Points : 1487
Reputation : 17
Join date : 11.07.12
Age : 28
Lokasi : Jakarta-Bandung

PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Sun 12 Aug 2012 - 6:51

Kim, nyariin novel2nya Ahmad Tohari? aku kebetulan punya beberapa ebook-nya Very Happy

Penulis novel lokal yaa.. nomer satu saat ini buatku juga Dewi Lestari semua karyanya menarik dan berkarakter sendiri-sendiri. Diperingkat yang setara buatku adalah Donny Dirgantoro yang bikin 5cm sama 2 (dua buku ini aku rekomendasikan kepada seluruh generasi muda Indonesia). Es Ito dengan novel Negara Kelima nya, cukup baik walaupun ada keseragaman genre dengan booming novel2 'penggangu' sejarah tipe2 Dan Brown. Ada juga yang berhasil mengemas tentang setan2-an indonesia dibalut menjadi sebuah pseudoscience sendiri dipadu kisah cinta remaja dengan baik dan cuma satu ini yang menurutku sukses (Nar'Kobar: The Motivator by Andhika Pramajaya) kalau liat seleranya Bung Ilham sepertinya dikau akan tertarik baca ini.

Selain itu ada Habiburrahman El Shirazy (Ayat2 Cinta menurutku oke lho walaupun judulnya super cheesy tapi sayangnya novel2 berikutnya serupa semua), Ahmad Fuadi (Negeri 5 menara), Andrea Hirata (laskar pelangi). Dua yang terakhir berasa genre novel semi otobiografi (meningat presentase pengalaman mereka dicerita tersebut sangat besar).

kalau permasalahan, standar sih ya... muaranya kan penulis mau idealis dengan ceritanya, penerbit seneng aspek ekonomis dan penjualan yang baik, sedangkan pembaca nyari yang menarik bagi mereka. Makanya fenomena 'ikut-ikut' itu jadi gede banget karena kena di tiga aspek ini kalau ku liat. Penulis yang menulis dengan mencontoh gaya penulis favoritnya, Penerbit yang ingin mengulang sukses menerbitkan karya yang mirip dengan karya best seller di pasaran, dan Pembaca yang tertarik dengan karya sejenis dengan yang mereka baca...

Ini gak cuma kejadian di Indonesia deh sepertinya. Waktu booming karya2 Dan Brown, aku sampe eneg liat jejeran novel konspirasi sejarah, setelah sebelomnya rapi diisi teenlit chicklit dan metropop dalam dan luar negeri. Sedangkan akhir2 ini rame2 segala jenis blog diary komedi di publish jadi buku (walaupun memang menjanjikan penerbit si, tinggal liat traffic blognya aja... buat ngira2 pasarnya)
Kembali Ke Atas Go down
http://mimondo.tumblr.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Diskusi tentang novel lokal yuk    Today at 23:29

Kembali Ke Atas Go down
 
Diskusi tentang novel lokal yuk
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» Tentang ide saya ~ mohon saran ~
» fakta tentang ayah
» Tanya tentang Oli pertamina
» WTS: ACCESORIES NINJA 250 (LOKAL dan JAPAN) - HARGA SPESIAL KUALITAS AJIB!!!

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Novel-
Navigasi: