SINDIKAT PENULIS
Silakan login dahulu, biar lebih asyik.
Kalau belum bisa login, silakan daftar dahulu.
Setelah itu, selamat bersenang-senang...
SINDIKAT PENULIS

Kami adalah penulis, dan kami tidak butuh persetujuan dari siapa pun!
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  Login  
"Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku tersebut belum ditulis, maka kamu yang harus menuliskannya." ~ Toni Morrison

Share | 
 

 Berapa sih royalti untuk penulis?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : Previous  1, 2, 3  Next
PengirimMessage
dipoyou
Pendatang Baru
Pendatang Baru


Jumlah posting : 16
Points : 22
Reputation : 0
Join date : 09.07.12
Age : 39
Lokasi : Surabaya - Indonesia

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sat 14 Jul 2012 - 13:15

setahuku penulis pemula itu 10% dari harga buku.
Kembali Ke Atas Go down
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sat 14 Jul 2012 - 13:19

iya biasanya sgeitu. itu kalo solo lumayan masih di ambil sendiri. nah kalo barengan ma temen-temen sampai seratus naskah?
gimana ngebaginya kecuali nilai nominalnya sudah banyak? yang sama dengan buku itu laris manis di pasaran.


narsis

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sat 14 Jul 2012 - 14:07

Royalti untuk buku pelajaran memang lumayan...
hanya saja...
materi di dalanya harus pas dan mudah dimengerti.
bahkan ada perhitungan sendiri untuk tingkat keterbacaannya lho... (mumet ngitungin grafik ray-gor dan apa pula satunya)

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Fri 31 Aug 2012 - 13:54

ikutan nimbrung yaaa... berbagi pengalaman... siul

berdasarkan pengalaman sih... royalti tidak ditentukan oleh sertifikat "penulis senior" atau "junior"... penulis beken atau tidak...

masing2 penerbit sdh punya itung2an matematisnya... yaa.. rata2 10-15% dari penjualan buku per periode... (3 bulanan, 4 bulanan, atau 6 bulanan)

maksudnya gini...
Misal... buku kita dicetak 2500 eksp... Januari--Maret, terjual 300eksp, nah... kalo harga buku kita 40rb x 300 x 10% Jd royalti yg kita dpt Rp1.200.000 (ntuk perode 3bln tsb)...

royalti itu terus kita dpt sampe semua buku habis terjual... nah... kalo dlm masa 3bln sudah cetak ulang... bisa dibayangin kan...
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Fri 31 Aug 2012 - 14:00

berdasarkan pengalaman?
berarti mba sudah pernah menerbitkan buku ya??
wah,, sharing donk mba..
buku apa?
dan gimana proses terbitnya?

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Fri 31 Aug 2012 - 14:44

vera astanti wrote:
berdasarkan pengalaman?
berarti mba sudah pernah menerbitkan buku ya??
wah,, sharing donk mba..
buku apa?
dan gimana proses terbitnya?



baru 1 novel aja yg terbit Ve... Malu diterbitkan oleh Quanta (imprintnya Gramedia)
judulnya... Jalan Hikmah Menuju Cinta (hahhaahhh norak banget yak judulnya... tiap kali menyebutkan kalimat judul ini perut saya jadi mules hahhaahh)

waktu itu gak sengaja ketemu temen chat yg penulis jg... trus dia ngsih tau kalo gramedia ngadain kompetisi untuk naskah2 fiksi... trus --dengan gak tau malunya--- saya ikutan jalan

eh,gak taunya naskah saya terpilih...


sekarang, lagi harap2 cemas dg novel kedua, sudah di tngn penerbit siiihhhh... tapi blm ad keputusan

semoga aj layak terbit
kalo gak layak, terpaksa cari penerbit lain...
#pantang menyerah bin tebalmuka.com jongkok
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Fri 31 Aug 2012 - 16:45

tuh.. akhirnya ada lagi member SP yang udah terbukti kualitasnya.. cihuuuy~ joget

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Fri 31 Aug 2012 - 17:09

ilhammenulis wrote:
tuh.. akhirnya ada lagi member SP yang udah terbukti kualitasnya.. cihuuuy~ joget


kayaknya masih kalah deh sama kamu, Ilhammenulis....

mesti masih banyak belajar nih... ngantuk
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sat 1 Sep 2012 - 0:30

iriiiii......aku iriiiii..... Nangis
kok bisa sih nyelesein novel???
dterbitin pula???
iriiii.............. #gak ada ujungny Laughing
nnt bagi2 tips2ny ya biar bisa dterbitin
kykny royaltiny lmyn gede tuh Twisted Evil
Kembali Ke Atas Go down
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sat 1 Sep 2012 - 8:10

Sense kapan bisa terbit ya tung

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sun 2 Sep 2012 - 1:43

Setelah Kakak bagi jadi dua itu Sense kan? .-.

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Sun 2 Sep 2012 - 8:27

kapan ya saya bagi duanya.. tung

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Mon 3 Sep 2012 - 19:10

de_wind wrote:
iriiiii......aku iriiiii..... Nangis
kok bisa sih nyelesein novel???
dterbitin pula???
iriiii.............. #gak ada ujungny Laughing
nnt bagi2 tips2ny ya biar bisa dterbitin
kykny royaltiny lmyn gede tuh Twisted Evil



yang pasti selesain tulisannya, trus diedit dg sempurna
--untuk masalah editting... iin sarankan, jgn dilakukan sendiri, kalo bisa minta bantuan dengan temen yg emang menguasi EYD, Kalimat Efektif, dan teknis karya fiksi----

tulisan yg gak pernah selesai jgan dibuang gitu aja,,, kapan pun ide datang, insya allah bbisa kita lanjutkan... dapat ide
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Mon 3 Sep 2012 - 19:15

ilhammenulis wrote:
kapan ya saya bagi duanya.. tung

Saya jg baru baca Sense,,, keren.. Top tapi baru chapter 29.. fokus

coba aja kirim dulu ke redaksi yg 'seide' dg tulisan2 setipe itu...
ntar kalo layak terbit, kita bisa kok diskusi dengan editornya... read
kalo memang tuh buku mau dibagi jd dua seri, editornya akan bantu kamu...
OK,,, semangattttt

Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
de_wind
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 3494
Points : 3669
Reputation : 52
Join date : 29.03.11
Age : 31
Lokasi : Bekasi

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Mon 3 Sep 2012 - 21:46

iin yakub wrote:


yang pasti selesain tulisannya, trus diedit dg sempurna
--untuk masalah editting... iin sarankan, jgn dilakukan sendiri, kalo bisa minta bantuan dengan temen yg emang menguasi EYD, Kalimat Efektif, dan teknis karya fiksi----

tulisan yg gak pernah selesai jgan dibuang gitu aja,,, kapan pun ide datang, insya allah bbisa kita lanjutkan... dapat ide


hmmm ngeditny itu lho...
ngedit cerpen aja males bgt, cuma tahan 1x...
nah ini yg ratusan halaman mau diedit??? kabur


#pantesan kagak ada novel yg jadi2, gmn mau terbit??? kikik
Kembali Ke Atas Go down
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Mon 3 Sep 2012 - 22:46

de_wind wrote:
iin yakub wrote:


yang pasti selesain tulisannya, trus diedit dg sempurna
--untuk masalah editting... iin sarankan, jgn dilakukan sendiri, kalo bisa minta bantuan dengan temen yg emang menguasi EYD, Kalimat Efektif, dan teknis karya fiksi----

tulisan yg gak pernah selesai jgan dibuang gitu aja,,, kapan pun ide datang, insya allah bbisa kita lanjutkan... dapat ide


hmmm ngeditny itu lho...
ngedit cerpen aja males bgt, cuma tahan 1x...
nah ini yg ratusan halaman mau diedit??? kabur


#pantesan kagak ada novel yg jadi2, gmn mau terbit??? kikik
5

iya sihhh.... iin jg males bgt kalo masalah ngedit....
bahkan novel ke-2 saya yg harus dibaca ulang 568 hlm...
--yang pasti saat ngebaca ulang + ngedit ,,, tdk terlalu berat lagi, coz kita kan dah familiar dg tulisan itu...
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
Blassreiter
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 536
Points : 590
Reputation : 8
Join date : 27.07.12
Age : 25

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Mon 3 Sep 2012 - 23:44

iin yakub wrote:
de_wind wrote:
iin yakub wrote:


yang pasti selesain tulisannya, trus diedit dg sempurna
--untuk masalah editting... iin sarankan, jgn dilakukan sendiri, kalo bisa minta bantuan dengan temen yg emang menguasi EYD, Kalimat Efektif, dan teknis karya fiksi----

tulisan yg gak pernah selesai jgan dibuang gitu aja,,, kapan pun ide datang, insya allah bbisa kita lanjutkan... dapat ide


hmmm ngeditny itu lho...
ngedit cerpen aja males bgt, cuma tahan 1x...
nah ini yg ratusan halaman mau diedit??? kabur


#pantesan kagak ada novel yg jadi2, gmn mau terbit??? kikik
5

iya sihhh.... iin jg males bgt kalo masalah ngedit....
bahkan novel ke-2 saya yg harus dibaca ulang 568 hlm...
--yang pasti saat ngebaca ulang + ngedit ,,, tdk terlalu berat lagi, coz kita kan dah familiar dg tulisan itu...
568 halaman?
500+60+8?
berapa hari itu kak?
itu pake spasi berapa?


aku 2 bulan cuma dapet 89 halaman (1 spasi)
atau 124 halaman (1,5 spasi) jongkok
Kembali Ke Atas Go down
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Mon 3 Sep 2012 - 23:49

Blassreiter wrote:


568 halaman?
500+60+8?
berapa hari itu kak?
itu pake spasi berapa?


aku aja 2 bulan cuma dapet 89 halaman (1 spasi)
atau 124 halaman (1,5 spasi)


saat ngeditnya--- butuh waktu 1 minggu...
saat nulisnya (mulai dari pengumpulan data--observasi, wawancara, dll-- hingga penyelesaian proses penulisan) butuh waktu 1 tahun bubble
(lama bgt yak!!)
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
vera astanti
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1658
Points : 1715
Reputation : 3
Join date : 14.05.12
Age : 25
Lokasi : Bojonegoro

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Tue 4 Sep 2012 - 10:51

edit segitu banyaknya...
dead


aku belum berminat untuk bikin novel...
jongkok

_________________
Catatan Pembolang Baru
Kembali Ke Atas Go down
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Tue 4 Sep 2012 - 14:13

Ah...
568 halaman...
kalau nulis segitu banyak dan mau cek ulang...
hal yang pertama terlintas adalah; "Ini tulisan siapa?" Muke Cape

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Tue 4 Sep 2012 - 19:50

Ruise V. Cort wrote:
Ah...
568 halaman...
kalau nulis segitu banyak dan mau cek ulang...
hal yang pertama terlintas adalah; "Ini tulisan siapa?" Muke Cape




iya Rui... seberapa banyak tulisan kita sih, editting gak bisa ditinggalin...
knp jd muncul pertanyaan gitu?? mencari
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
sagitany
Penulis Sejati
Penulis Sejati


Jumlah posting : 4863
Points : 4905
Reputation : 8
Join date : 06.04.12
Age : 24
Lokasi : medan

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Tue 4 Sep 2012 - 19:52

karena kadang pas baca ulang, aku juga ga kenal,
"eh ini kemarin aku yg nulis ya?"
kok bisa gini atau gitu..
hahahaa...
Kembali Ke Atas Go down
iin yakub
Penulis Muda
Penulis Muda


Jumlah posting : 178
Points : 199
Reputation : 3
Join date : 30.08.12
Age : 32
Lokasi : PALEMBANG

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Tue 4 Sep 2012 - 20:03

betul... betul...

coz menulis karya fiksi jg melibatkan alam bawah sadar kita...
jd pas sdh dibaca ulang, baru kelihatan 'butiran emas' dan 'debu' nya...
hehhee....
Kembali Ke Atas Go down
http://angan-kirana.blogspot.com
Ruise V. Cort
Penulis Parah
Penulis Parah


Jumlah posting : 6382
Points : 6522
Reputation : 45
Join date : 28.04.11
Age : 23
Lokasi : *sibuk dengan dunianya sendiri jadi nggak tahu sekitar*

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Tue 4 Sep 2012 - 20:06

iin yakub wrote:
Ruise V. Cort wrote:
Ah...
568 halaman...
kalau nulis segitu banyak dan mau cek ulang...
hal yang pertama terlintas adalah; "Ini tulisan siapa?" Muke Cape




iya Rui... seberapa banyak tulisan kita sih, editting gak bisa ditinggalin...
knp jd muncul pertanyaan gitu?? mencari

Soalnya kalau halamannya sampai segitu, dalam artian lain lebih dari 1 tahun baru selesai.
Nah, jangka waktunya itu yang jadi masalah Kak ._.
Aku baca ulang novel yang dibuat 3 bulan lalu aja udah miringin kepala sambil mikir bener atau nggaknya aku yang nulis --"
Disamping ada sedikit perbedaan dalam penggunaan kata kadang ada beberapa kalimat rancu TT____TT
Apalagi kalau satu tahun...
Depan dan akhir sudah pasti berbeda ._.

_________________
...
Kill me softly...
Kembali Ke Atas Go down
http://ruise.wordpress.com/
ilhammenulis
Penulis Senior
Penulis Senior


Jumlah posting : 1110
Points : 1197
Reputation : 18
Join date : 23.07.11
Age : 26
Lokasi : Bandung

PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Wed 5 Sep 2012 - 12:45

yang jelas makin lama makin bagus.. hahahaha Very Happy

_________________
~Orang bilang menulis butuh keterampilan dan bakat, saya bilang menulis cuma butuh kertas dan pulpen~
Kembali Ke Atas Go down
http://www.ilhammenulis.wordpress.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Berapa sih royalti untuk penulis?   Today at 23:04

Kembali Ke Atas Go down
 
Berapa sih royalti untuk penulis?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 2 dari 3Pilih halaman : Previous  1, 2, 3  Next
 Similar topics
-
» Klasifikasi kawasaki N250R
» Butuh rpm lebih tinggi di kecepatan yang sama kalau motor dah panas
» jasa untuk pengecatan bodi n velg motor ninja kesayangan anda
» Berapa rentang waktu/km yg ideal untuk ganti oil filter
» HID XENON SET TYPE H7 6000k COCOK UNTUK NINJA 250 (bergaransi 6 bulan)MUMER

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SINDIKAT PENULIS :: Arena Diskusi :: Novel-
Navigasi: